No | Judul | Aksi |
---|---|---|
1 | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN PADA MATERI DINAMIKA PERWUJUDAN PANC The title of this study is Efforts to Improve Student Learning Outcomes in Civics Subjects on the Dynamics of the Embodiment of Pancasila as the Basic State and View of the Nations Life Using Cooperative Models of Non-Example Type in Class IX at the SMP Harapan Masa Depan Cerah With the research problem Can learning with the Example Non Example model improve student learning outcomes in Civics subjects on the dynamics of materializing the realization of Pancasila values as the basis of the state and the nations view of life. The method used is classroom action research, which consists of 4 actions, namely planning, implementation, observation and reflection. This study aims to improve the learning outcomes of grade IX students in Civics subjects at SMP Harapan Masa Depan Cerah through examples and non-examples learning models. The results of the study indicate that learning using examples and non-examples models can improve student learning outcomes in class IX in subjects at Harapan Masa Depan Cerah Inti Pulau Rimau Mukut Junior High School. Judul penelitian ini adalah “upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn pada materi dinamika perwujudan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa menggunakan model kooperatif tipe example non example di kelas ix smp harapan masa depan cerah”.Dengan masalah penelitian “Apakah pembelajaran dengan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada materi dinamika perwujudan nilai – nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa”. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 4 tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pangamatan dan refleksi. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PPKn di SMP Harapan Masa Depan cerah melalui model pembelajaran examples and non examples. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakana model examples and non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran di SMP Harapan Masa Depan Cerah Inti Pulau Rimau Mukut. Kata kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Examples And Non Examples, Penelitian Tindakan Kelas |
Unduh |
2 | UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI IN HOUSE TRAINING TERSRUKT ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI IN HOUSE TRAINING TERSTRUKTUR BAGI GURU SMP HARAPAN MASA DEPAN CERAH Hermanto, S.Pd. Headmaster of SMP Harapan Masa Depan Cerah Inti Pulau Rimau Mukut E-mail : hermanto.student@gmail.com Abstract: The title of this research is Efforts to increase the ability to compose long distance learning lesson plans through structured in-house training for junior high school teachers of the bright future with the formulation of the problem Is the implementation of Structured In House Training can Improve Teachers Ability in Developing Long Distance of Learning Implementation Plans?. The method used is school action research, which consists of 4 actions, namely planning, implementation, observation and reflection. This study aims to improve the teachers ability to develop long distance of learning implementation plans through structured in-house training activities for teachers of SMP Harapan Masa Depan Cerah in Rimau island. The results of the study indicate that structured in-house training activities can improve the ability of teachers in developing long distance of learning implementation plans. Keywords:Teacher Ability to Develop Long Distance of Learning Implementation Plans, In House Training Structured, School Action Research |
Unduh |
3 | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI MENAMPILKAN SIKAP SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN Hermanto, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Materi Menampilkan Sikap Sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP Harapan Masa Depan Cerah Tahun Pelajaran 2019/2020. Karya Tulis ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Harapan Masa Depan Cerah pada siswa kelas VIII yang berjumlah 31 orang. Permasalahan pada PTK ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII. PTK ini terdiri dari 2 siklus penelitian yang dilaksanakan dari Bulan Oktober 2019 sampai dengan bulan Desember 2019. Pada awal siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 42 % (13 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 58% (18 siswa), sedangkan pada akhir siklus II sebanyak 90% (28 siswa) dan sebanyak 10% (3 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa PTK ini dianggap berhasil dan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe demonstrasi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Demonstrasi |
Unduh |
4 | MODUL KELAS IX SEMESTER GAZAL/GENAP Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillah penulis ucapkan puji syukur pada kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga mampu menyelesaikan modul ini dengan baik dan penuh semangat. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Kritik dan saran penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan modul ini. Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penelitian modul ini. Terimakasih atas kerja keras dan masukan berharganya dan semoga modul ini bermanfaat untuk guru dan peserta didik nantinya, ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung yang telah memberi masukan atas penyusunan modul ini. Akhir kata semoga modul ini bermanfaat bagi dunia pendidikan. Wassalamualakum warahmatullahi wabarakatuh. |
Unduh |